Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata


WISATA adalah putra sulung Prabu Baladewa, raja negara Mandura dengan permaisuri Dewi Erawati, putri sulung Prabu Salya dari negara Mandaraka. Ia mempunyai adik kandung bernama Wimuka.

Wisata beparas tampan. Tidak seperti ayahnya yang berwatak keras hati dan mudah naik darah, Wisata mempunyai sifat dan perwatakan ; pemberani, cerdik pandai, baik tingkah lakunya dan besar rasa tanggung jawabnya. Seperti ayahnya, Prabu Baladewa, Wisata juga pandai dalam ilmu pemerintahan dan ketatanegaraan. Ia juga pandai dalam olah keprajuritan, khsusunya dalam mempegunakan senjata gada .

Wisata tidak ikut terjun dalam perang Bharatayuda, karena keluarga Mandura bersikap netral dalam pertikaian antara keluarga Kurawa dan Pandawa. Setelah berakhirnya perang Bharatayuda, Wisata dinobakan menjadi raja negara Mandura, menggantikan ayahnya, Prabu Baladewa yang dalam usia lanjut menjadi pengasuh dan penasehat Prabu Parikesit, di negara Astina, begelar Resi Balarama.

Akhir riwayat Wisata diceitakan: Ia ikut tewas dalam peristiwa perang gada sesama wangsa Yadawa, yang membinasakan semua keturunan wangsa Yadawa, Wresni dan Andaka, keturunan Prabu Yadu, pendiri negara Mandura dan cikal-bakal Wangsa Yadawa


Posting Komentar untuk "Wisata"