Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bambang Purwaganti

PURWAGANTI, BAMBANG, hanya dikenal dalam cerita pedalangan Jawa. Tokoh itu tidak ada dalam Mahabharata. Ia putra Resi Mayangkara/Anoman, kera putih yang menjadi pertapa di pertapaan Kendalisada. Ibunya bernama Dewi Purwati, putri Resi Purwapada dari pertapaan Andonsumawi.  Bambang Purwaganti mempunyai saudara seayah lain ibu bernama Trigangga putra Dewi Urangrayung, putri  Bagawan Minalodra dari pertapaan KandabumiTrigangga/Trihangga seperti ayahnya Anoman, berwujud manusia kera berbulu putih.



Purwaganti adalah kesatria yang gagah berani, cerdik pandai, tangkas, baik tingkah lakunya dan selalu memegang teguh rasa keperwiraannya.  Purwaganti pernah menyelamatkan keluarga Pandawa/negara Amarta. Pada saat itu Purwaganti yang sedang mencari ayahnya, Anoman. Di perjalanan bertemu dengan Prabu Kresna. Ia dijanjikan akan dipertemukan dengan ayahnya apabila bisa mengalahkan Patih Dasagriwa dari negara Purwantara yang ingin menaklukkan Pandawa dan Kurawa atas perintah rajanya, Prabu Dewakusuma.

Purwaganti berhasil mengalahkan Dasagriwa, sedang Nakula berhasil mengalahkan Prabu Dewakusuma. Prabu Dewakusuma badhar (kembali kewujud aslinya) sebagai Sahadewa. Dengan bantuan Prabu Kresna, Purwaganti dapat bertemu dengan ayahnya, Anoman.

Posting Komentar untuk "Bambang Purwaganti"