Ambalika

Cah Samin

AMBALIKA atau Dewi Ambiki adalah putri bungsu dari tiga bersaudara putri Prabu Darmahumbara, raja negara Giyantipura/negeri Kasi dengan permaisuri Swargandini. Kedua saudara kandungnya masing-masing bernama Dewi Amba, dan Dewi Ambika.

Dewi Ambalika dan saudaranya Dewi Ambika menjadi putri boyongan Bhisma Dewabrata yang telah berhasil memenangkan sayembara tanding di negeri Giyantipura/Kasi dengan membunuh Wahmuka dan Arimuka. Kemudian Dewi Ambalika bersama Dewi Ambika dinikahkan dengan Prabu Wicitrawirya, raja Hastina yang juga adalah adik Bhisma Dewabrata dari lain ibu.



Setelah Prabu Wicitrawirya meninggal karena sakit, atas keinginan Dewi Durgandini, ibu Prabu Wicitrawirya Dewi Ambalika dan Ambika dinikahkan dengan Abiyasa, putra Durgandini dari resi Palasara. Dari perkawinannya itu Dewi Ambalika melahirkan seorang putra bernama Pandu Dewanata.

Dewi Ambalika berumur panjang. Ia hidup sampai berakhirnya perang Bharatayuda setelah penobatan Yudhistira menjadi raja negara Hastina dengan gelar Prabu Kalimataya.
Kematian Ambalika dibimbing oleh Abiyasa, bersama Ambika dan Dewi Durgandini mereka mati moksa.

0 komentar:

Poskan Komentar