Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Dewi Dresanala


Dewi Dresanala adalah salah satu putri Batara Brama. Karena Arjuna berjasa pada para dewa dengan membunuh Prabu Niwatakawaca, Dewi Dresanala dikawinkan dengan Arjuna sebagai imbalan jasa.Perkawinan itu membuahkan seorang anak yang diberi nama Wisanggeni.

Waktu Wisanggeni masih berada dalam kandungan ibunya, Dewi Dresanala disuruh Batara Brama bercerai dengan Arjuna,sedang kandungannya disuruh menggugurkan.Namun Dresanala berhasil menyelamatkan kandungannya.Batara Brama melakukan itu karena hasutan dan intimidasi Batari Durga.Oleh Batara Brama,Dewi Dresanala diberikan pada Dewasrani dan sempat diboyong ke Kerajaan Nusarukmi.



Beberapa waktu kemudian lahirlah Si Jabang Bayi.Oleh Dewasrani,bayi yang baru lahir itu dibuang ke kawah Candradimuka dengan maksud untuk membunuhnya.Tetapi bayi itu bukan mati,malahan menjadi manusia dewasa yang sakti luar biasa.Ia keluar dari kawah Candradimuka dan mengamuk di kahyangan.Berkat kesaktian bayi itu,akhirnya Batara Brama menyadari kesalahannya dan Dewi Dresanala dapat kembali rujuk dengan Arjuna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dewi Dresanala