Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Dewi Juwatiningrat


JUWITANINGRAT adalah raseksi (raksasa wanita) sakti yang menjelma menjadi wanita cantik yang serupa dengan Dewi Banowati. Tujuannya adalah agar dirinya bisa merayu Arjuna. Arjuna terkecoh dan memperistrinya. Dari perkawinannya dengan Arjuna, Dewi Juwitaningrat mendapat seorang anak bernama Bambang Senggoto atau Bambang Semboto.
Setelah menjadi isteri Arjuna Juwitaningrat lalu menghasut agar isteri dan anak sah Arjuna, Sembadra dan Abimanyu dibuang ke hutan.  Arjuna yang sudah keblinger menuruti kemauan Juwitaningrat.



Dalam bahasa Jawanya hutan adalah alas, maka Abimanyu ketika dibuang ke hutan menamakan dirinya Jaka Pengalasan. Jaka Pengalasan berusaha mengembalikan keutuhan rumah tangga orang tuanya dan menyingkap rahasia pihak ketiga yang telah menebar petaka. Jaka Pengalasan kemudian membunuh Bambang Senggoto. Abimanyu juga mengalahkan Dewi Juwitaningrat sehingga kembali pada ujudnya semula sebagai raseksi. Kisah ini terdapat dalam lakon carangan berjudul Bambang Senggoto.

Dalam versi yang lain Jaka Pengalasan adalah jelmaan dari makluk halus ‘saudara bareng lahir’ Abimanyu yang bersemayam di tali pusat. Bentuk rupa wayang Jaka Pengalasan kecil. seukuran  wayang bayi atau Dewa Ruci.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dewi Juwatiningrat