Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Dewi Pregiwa

DEWI ENDANG adalah putri Arjuna, salah satu dari lima satria Pandawa, dengan Dewi Manuhara, putri Begawan Sidik Wacana dari pertapaan Andong Sumiwi atau Andong Sumawi.

Pregiwa memiliki sifat dan perwatakan; setia, baik budi, sabar dan jatmika (selalu dengan sopan santun). Pregiwa menikah dengan Raden Gatotkaca, raja negara Pringgondani, putra Bima dengan Dewi Arimbi, yang berarti masih saudara sepupunya sendiri. Dari perkawinan tersebut, ia mempunyai seorang putra yang diberi nama Arya Sasikirana.



Lakon Pregiwa-Pregiwati atau Cantrik Janakaloka sangat populer di kalangan masyarakat wayang orang. Cerita itu sangat menantang untuk digarap dalam pakeliran wayang orang. Terutama dengan dukungan tokoh-tokoh wayang yang mumpuni memainkan perannya. Lakon ini juga menginspirasi  lahirnya sebuah fragmen tari Gatutkaca Gandrung sebuah tari yang estetis, penuh romantika dan aura asmara namun terkemas dengan elok. Di populerkan oleh pasangan penari wayang Sriwedari legendaris yaitu Rusman dan Darsi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dewi Pregiwa