Prabu Matswapati

 on Sabtu, 25 April 2015 

Prabu Matswapati yang pada masa mudanya bernama Durgandana adalah putra Prabu Basuketi dengan Dewi Yukti. Ia mempunyai seorang saudara kandung bernama Dewi Durgandini / Dewi Setyawati yang menjadi istri Resi Palasara, dari Pertapaan Srengga, Gunung Saptaarga, yang juga pendiri negara Gajahoya.




Prabu Matswapati menikah dengan Dewi Rekatawati/Ni Yutisnawati, putri angkat Resi Palasara dan Dewi Durgandini. Dari perkawinan tersebut, ia memperoleh 4 (empat) orang putra bernama : Resi Seta, Raden Utara, Raden Wratsangka dan Dewi Utari. Disamping memperistri Dewi Rekatawati, Prabu Matswapati juga menerima pengabdian kelima saudaranya, yaitu : Kencaka/ Kencakarupa, Upakeca/Rupakenca, Rajamala, Setatama dan Gandawana.Prabu Matswapati berumur sangat panjang --- sampai lima generasi, dari jaman Resi Palasara sampai jaman Prabu Parikesit. Setelah Parikesit --- cucunya, putra Dewi Utari dengan Abimanyu, dinobatkan menjadi raja negara Astinapura menggantikan Prabu Kalimataya/Puntadewa, Prabu Matswapati merasa tugas hidupnya di dunia sudah selesai.

Ia dan istrinya, Dewi Rekatawati, kembali menjadi ikan mas, yang kemudian dilabuh di Sungai Gangga.
Prabu Matswapati4.55Cah SaminSabtu, 25 April 2015 Prabu Matswapati yang pada masa mudanya bernama Durgandana adalah putra Prabu Basuketi dengan Dewi Yukti. Ia mempunyai seorang saudara ka...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar