Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Danumaya


Prabu Setiwijaya dari Kerajaan Paranggumiwang mengutus Patih Mandanasraya untuk menculik Dewi Subadra. Saat itu, Arjuna memang sedang pergi meninggalkan Kasatrian Madukara.

Dengan cara menyamar sebagai Kresna, Patih Mandanasraya berhasil menculik Dewi Subadra. Dewi Srikandi gagal menghalangi penculikan ini, tetapi ia tetap mengejar sang Penculik. Di perjalanan Srikandi berjumpa dengan Bambang Madukusuma yang hendak mencari Arjuna, ayah kandungnya. Srikandi berjanji akan mempertemukan dengan Arjuna asal saja ksatria muda itu bisa merebut kembali Dewi Subadra.

Sementara itu di Kerajaan Jongparang, Prabu Danumaya mengatur rencana untuk membunuh Arjuna. Ia tahu, Arjuna yang pergi dari Madukara sebenarnya sedang menjadi raja di Kerajaan Tasikmadu. Bersama emban raseksi Ranjasa, Prabu Danumaya pergi ke Tasikmadu. Perang segara terjadi, Danumaya akhirnya tewas. Istri Arjuna yang bernama Dewi Gandawati berhasil dilarikan Emban Ranjasa. Un-tunglah Dewi Gandawati kemudian dapat dibebaskan oleh Bambang Madukusuma.

Sesudah Arjuna diberitahu Srikandi bahwa Dewi Subadra diculik raja Paranggumiwang, Arjuna menyusul ke negeri itu. Diam-diam ia berhasil me-nyusup ke istana dan membawa pulang Arjuna.

Sesudah tahu bahwa Dewi Subadra hilang dari istana, Prabu Setiwijaya memimpin bala tentaranya menyerbu Madukara. Namun serbuan ini dapat dipukul mundur, dan Prabu Setiwijaya akhirnya mati di tangan Bima.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Danumaya