Bathara Srinada (Prabu Basurata)

Cah Samin

Prabu Basurata adalah raja negara Wirata yang pertama. Pada waktu mudanya ia bernama Batara Srinada. Prabu Basurata adalah Putra Batara Wisnu yang bertahta di Kahyangan Untarasegara, dengan permaisuri Dewi Srisekar / Dewi Sri Widowati. Ia mempunyai dua orang saudara kandung, masing-masing bernama Bathara Srigati dan Bathara Srinadi.

Sedangkan diantara 15 orang saudara seayah lain ibu dari Prabu Basurata yang dikenal antara lain ; Dewi Srihuna/Srihunon yang menikah dengan Bathara Brahmanaresi dan menurunkan trah Saptaarga, Bathara Isnapura yang menurunkan Prabu Yudakalakresna, raja raksasa dari negara Dwarawati, kemudian Bambang Sitija/Prabu Bomanarakasura yang menjadi raja di negara Surateleng, Dewi Siti Sundari. 

Prabu Basurata menikah dengan Dewi Bramaniyuta, Puteri Batara Brahma dengan Dewi Sarasyati dari Kahyangan Daksinageni. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra bernama Arya Basupati alias Basuparicara dan Dewi Bramananeki.

Setelah menikahkan puterinya, Dewi Brahmananeki dengan Bambang Parikenan, putra Batara Bremani atau Brahmanaresi (Putera Batara Brahma dengan Dewi Raraswati) dengan Dewi Srihuna (Puteri Batara Wisnu dengan Dewi Sripujayanti), Prabu Basurata berkeinginan untuk moksa. Ia kemudian menyerahkan tahta dan negara Wirata kepada putranya, Arya Basupati.

0 komentar:

Poskan Komentar