Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Wisakti


DEWI WISAKTI adalah raseksi dari Goa Windu yang terletak di lereng gunung Warawendya. Berkat ketekunannya bertapa memuja Hyang Cakra, hilang wujud keraksesian Dewi Wisakti dan berubah menjadi manusia biasa.

Sebagaimana dengan kakaknya,. Prabu Wisakarma, Dewi Wisakti juga memiliki keahlian dalam ilmu racun. Karena keahliannya dalam ilmu racun inilah maka Wisakti diambil istri oleh Dasamuka/Rahwana, raja raksasa dari kerajaan Alengka. Dari perkarinan ini ia mempunyai dua orang putra kembar yang diberi nama Trikaya dan Trimuka.

Dewi Wisakti selalu berpenampilan halus dan sopan santun, tapi dalam hatinya terkandung sifat kejam dan senang mencelakakan orang lain.

Perang Alengka merupakan malapetaka bagi Dewi Wisakti. Kedua putra kembarnya, Trimuka dan Trikaya tewas dalam peperangan melawan Anoman dengan jalan diadu kumba (saling dibenturkan) kepalanya. Sedangkan Dasamuka, suaminya tewas oleh panah Goawijaya Sri Rama dan tubuhnya ditimun gunung oleh Anoman. Karena merasa tidak mungkin tinggal di Akengka, Dewi Wisakti memutuskan kembali ke Goa Windu dan tinggal bersama Dewi Sayempraba, kemenakannya. Bebarapa tahun kemudian, Dewi Wisakti mati dalam keputusasaan, bunuh diri dengan jalan meminum racun buatannya sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wisakti