Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Setatama


ARYA SETATAMA adalah putra angkat Resi Palasara dari padepokann Retawu dengan Dewi Durgandini, putri Prabu Basuketi, raja negara Wirata. Setatama berasal dari ulat, mala penyakit Dewi Durgandini/Dewi Laraamis. Ia tercipta berbarengan dengan saudaranya yang lain, yaitu; Kecaka/Kencakarupa, Rajamala, Rupakenca/Upakeca, Gandawana dan Dewi Niyutisnawati/ Rekatawati.
 

Dari enam bersaudara, hanya Setatama sendiri yang tercipta dari makhluk bernyawa. Karena itu ia mempunyai sifat dan perwatakan yang berbeda. Ia sangat cakap dan rajin, berwatak jujur, penuh rasa tanggung jawab , setia dan sangat mencintai saudara-saudaranya. Setatama menjadi murid patih Jatikanda, patih negara Wirata pada masa pemerintahan Prabu Basuketi, dalam oleh keprajan dan ketatanegaraan. Setelah patih Jatikanda mangkat Arya Setatama diangkat menjadi patih oleh Prabu Basuketi menggantikan gurunya. Setelah setelah Prabu Basuketi mangkat danDurgandana bertahta menggantikan kedudukannya sebagai patih Wirata.

Akhir riwayat Arya Setatama diceritakan, ia tewas dalam peperangan melawan Ballawa (nama Bima pada waktu menyamar di Wirata), karena membela saudaranya, Kecaka/Kencakarupa yang berencana melakukan pemberontakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Setatama