Arya Prabu Rukma

 on Selasa, 28 April 2015 

ARYA PRABU RUKMA atau Prabu Bismaka adalah putra Prabu Basukunti, raja negara Mandura dengan permaisuri Dewi Dayita, putri Prabu Kunti, raja Boja. Ia mempunyai tiga orang saudara kandung bernama;  Arya Basudewa, Dewi Kunti/Dewi Prita dan Arya Ugrasena.

Arya Prabu Rukma menikah dengan Dewi Rumbini, putra Prabu Rumbaka, raja Negara Kumbina. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra bernama ;  Dewi Rukmini dan Arya Rukmana. Dewi Rukmini ini nantinya menjadi salah satu isteri dari Prabu Kresna. Secara tidak resmi Arya Prabu Rukma juga mengawini Ken Sagopi, widu pangidung/swarawati keraton Mandura. Dari hubungannya dengan Ken Sagopi, Aryaprabu Rukma  mempunyai seorang putri bernama Ken Rarasati/Dewi Larasati. Larasati ini menjalani masa kecil dan masa remaja bersama Bratajaya/Sembadra di Widarakandang. Kelak kemudian hari Larasati menjadi salah  satu isteri Arjuna.

 

Arya Prabu Rukma mempunyai sifat dan perwatakan berani, cerdik pandai, mahir mempergunakan senjata panah dan ahli strategi perang. Salah satu bentuk  kecerdikannya adalah ketika berusaha menyelamatkan negara Mandura dari jarahan Kangsadewa. Arya Prabu Rukma pergi ke Saptaarga untuk mencari seorang jago atau petarung (Bima)  untuk diadu dengan jago Prabu Kangsa yang bernama Ditya Suratimantra. Seorang petarung tangguh guru dan sekaligus patih Prabu Kangsa. (lakon Kangsa Adu Jago). Ia menjadi raja negara Kumbina menggantikan mertuanya, Prabu Rumbaka. Ia bergelar Prabu Bismaka, Prabu Wasukunti atau Prabu Hirayana.

 Baca pula : Aryaprabu Rukma Rabi

Akhir riwayatnya diceritakan, Arya Prabu Rukma gugur di  medan perang melawan Prabu Bomanarakasura, raja Trajutisna.
Arya Prabu Rukma4.55Cah SaminSelasa, 28 April 2015 ARYA PRABU RUKMA atau Prabu Bismaka adalah putra Prabu Basukunti , raja negara Mandura dengan pe...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar