Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Dewi Pregiwati


Banyak yang menyebut Dewi Pregiwati adalah saudara kembar Pregiwa. Sebenaranya Pregiwati adalah anak Arjuna hasil hubungan gelap dengan Dewi Banowati.

Kisahanya dapat dibaca di :   http://caritawayang.blogspot.com/2012/08/lesmana-mandrakumara.html

Sejak kecil Endang Pregiwati dan kakaknya, Pregiwa tinggal di pertapaan Andong Sumiwi bersama ibu dan kakeknya. Baru setelah remaja ia dan Pregiwa pergi ke Madukara untuk menemui ayahnya, Arjuna. Perjalanan  Pregiwa dan Pregiwati ketika akan mencari ayahnya dikawal oleh seorang cantrik atau abdi yang ternyata mempunyai niat untuk menyunting kedua putri Arjuna tadi. Cantrik tua genit itu bernama Janaloka. Dulu ia pernah menaruh harapan kepada ibu Pergiwa dan Pergiwati yaitu Dewi Manuhara, putra sang Begawan Sidik Wacana. Namun niat itu kandas kerena datangnya Arjuna sebagai murid sang Begawan yang mempunyai kelebihan segalanya dari sang cantrik. Arjuna dikawinkan dengan Manuhara.                                   

Cinta sang Cantrik bangkit dan menggelora lagi ketika anak-anak  Manuhara tumbuh sebagai remaja yang cantik. Cantrik naif  ini terobsesi untuk menikahi keduanya. Sepanjang jalan dia gandrung-gandrung, menumpahkan rayuannya dengan tembang asmara yang menggebu. Konyolnya Pergiwati yang masih ingusan tidak menyadari ungkapan cintanya. Dianggapnya cantrik itu sedang melucu dan menghiburnya.

Pregiwati memiliki sifat dan perwatakan; setia, jujur, sabar dan jatmika (sopan santun), menarik hati dan mudah tersinggung. Pregiwati menikah dengan Pancawala, putra Prabu Puntadewa dengan Dewi Drupadi  yang berarti masih saudara sepupu sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dewi Pregiwati