Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Yayati


PRABU YAYATI adalah putra Karmada yang berarti cucu Prabu Nahusa, raja pertama dan pendiri negara Astina. Ia merupakan generasi ke-9 keturunan Bhatara Darma. Prabu Yayati mempunyai 2 ( dua ) orang istri. Pertama, ia kawin dengan Dewayani, putri tunggal Bagawan Sukra, brahmana sakti yang hidup di kalangan para daitya/raksasa, dengan Dewi Jayanti, putri Bathara Indra. Dan memperoleh dua orang putra bernama ; Yadu ( anak keturunannya disebut wangsa Yadawa ) dan Turwasu ( menurunkan golongan Yawana ).

Prabu Yayati kemudian mengawini Sarmista, putri tunggal raja raksasa Prabu Wrisaparwa, yang karena kesalahannya rela menjadi budak Dewayani. Dengan Sarmista, Prabu Yayati berputra 3 ( tiga ) orang yaitu ; Druhyu (menurunkan golongan Boja ), Anu ( menurunkan para raksasa ) dan Puru (menurunkan wangsa Kuru ).

Prabu Yayati berumur sangat panjang, konon sampai 2000 tahun. Ia mengundurkan diri sebagai raja Astina untuk hidup sebagai brahmana. Tahta kerajaan Astina diserahkan kepada Puru sesuai dengan janjinya, karena Puru telah rela mengorbankan masa mudanya ditukar dengan kerenta-an usia Prabu Yayati akibat kutukan Bagawan Sukra, mertuanya sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Yayati