Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Rahwana / Dasamuka

Dasamuka atau Rahwana adalah putra Resi Wisrawa dengan Dewi Sukesi, putri Prabu Sumali, raja negara Alengka. Ia mempunyai tiga orang saudara kandung masing-maasing bernama; Arya Kumbakarna, Dewi Sarpakenaka dan Arya Wibisana. Dasamuka juga mempunyai saudara seayah lain ibu bernama Wisrawana/Prabu Danaraja raja negara Lokapala, putra Resi Wisrawa dengan Dewi Lokawati.

 Dasamuka berwatak angkara murka, ingin menangnya sendiri, penganiaya dan penghianat. Berani dan selalu menurutkan kata hati. Ia sangat sakti. Memiliki Aji Rawarontek dari Prabu Danaraja dan Aji Pancasona dari Resi Subali. Dasamuka menjadi raja negara Alengka mengantikan kakeknya, Prabu Sumali dengan menyingkirkan pamannya, Prahasta. Ia membunuh Prabu Danaraja, kakak tirinya dan merebut negara Lokapala.


Dasamuka pernah menyerang Suralaya dan memperoleh Dewi Tari, putri Bathara Indra dengan Dewi Wiyati. yang menjadi istrinya dan berputra Indrajid/Megananda.

Istri Dasamuka yang lain :
- Dewi Urangrayung, putri Bagawan Minalodra, dan berputra Pratalamayam / Bukbis.
- Dewi Satiwati berputra  Yaksadewa.
- Dewi Tisnawati berputra Trisirah.
- Dewi Wisandi berputra kembar yaitu Trimuka, dan Trikaya.
- Dewi Wiraksi berputra Trimurda.

Disebutkan Dasamuka juga mempunyai anak lain yang bernama Trinetra dan Dasawilukrama. Dalam Lakon Anggada Balik, Dasawilukrama satu-satunya anak Rahwana yang masih hidup ingin membalas kematian ayahnya.

Dasamuka sangat menginginkan dapat memperistri wanita titisan Bathari Sri Widowati. Ia pernah mengejar-ngejar Dewi Kusalya, ibu Prabu Rama, dan kemudian menculik serta mensekap Dewi Sinta, istri Prabu Rama selama hampir 12 tahun di taman Hargasoka negara Alengka.

Kesaktian dan keangkaramurkaan Prabu Dasamuka hanya dapat diatasi/ditaklukan oleh Prabu Arjunasasra, raja negara Maespati, dan Resi Subali, brahmana kera dari pertapaan Sonyapringga. Akhirnya Prabu Dasamuka harus mati oleh Prabu Ramawijaya, satria titisan Bathara Wisnu. Seluruh kesaktiannya musnah oleh daya kesaktian panah Gowawijaya.

Baca Pula :
Lahirnya Rahwana
Rahwana jadi raja 
Dasamuka Gugur

Untuk membaca kisah lengkap Ramayana silakan Klik Disini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rahwana / Dasamuka